1. Integritas yaitu
sistem yang mempunyai integritas jika ia berjalan seperti apa yang
diharapkan. Perancang sistem berusaha untuk mengembangkan sistem yang
mempunyai integrasi fungsional. Integritas fungsional yaitu kemampuan
untuk melanjutkan operasi walaupun bila salah satu atau lebih dar
komponen yang tidak berjalan. Contoh : Jaringan pemrosesan distribusi
2. Audibilitas yaitu
sistem yang mempunyai audibilitas yang mudah bag seseorang untuk
memeriksa, memvertifikasi, atau mendemonstrasikan penampilannya. Contoh :
Subsistem CBIS bersifat audible bila dokumentasi mengidentifikasi
orang-orang yang mengembangkan dan program tersebut menyertakan
pengecekan kesalahan yang diperlukan.
3. Berdaya control
yaitu pengarahan atau penghambatan terhadap system tersebut berdaya
control. Teknik untuk mendapatkan daya kontrol system ini adalah dengan
membagi system menjadi subsistem yang menangani transaksi secara
terpisah. Penebusan keamanan pada salah satu subsistem tidak akan
mempengaruhi keseluruhan system.
Contoh
: salah satu subsitem dalam bank di gunakan untuk membuka account, dan
subsistem penarikan account. Subsistem pertama untuk mengontrol, yang
kedua mencegah manipulasi dana yang tidak diinginkan, misalnya
seseorang yang membuka account dengan nama dan pemilik account dan
secara illegal mentransfer dana tersebut ke dalam dari account yang
lainnya.
2. Komputer yang ada dalam jaringan memberikan peluang resiko keamanan yang lebih besar daripada komputer yang ada didalam suatu ruangan. Sebut dan jelaskan Area control untuk komunikasi data ..
Area kontrolnya meliputi :
-Kontrol pengiriman pesan.
-Kontrol saluran (channel) komunikasi.
-Kontrol penerimaan pesan.
-Rencana pengamanan datacom secara menyeluruh.
3. Prototype dapat memberikan ide bagi pembuat dan pemakai potensial tentang cara sistem berfungsi dalam bentuk lengkapnya, proses akan menghasilkan prototype (prototyping), Sebut dan Jelaskan jenis – jenis prototype ..
Ada 2 Jenis Prototype :
Jenis I : Suatu Sistem yang akan menjadi sistem operasional
Jenis II : Suatu model yang dapat dibuang yang berfungsi sebagai cetak biru bagi sistem operasional.
4. Sebut dan Jelaskan sumber daya informasi perusahaan..
1. HARDWARE (PERANGKAT KERAS)
Hardware merupakan element dari sistem computer. Merupakan perangkat
yang dapat lihat dan dapat sentuh secara fisik, seperti perangkat
masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran.
2. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)
Merupakan sekumpulan perintah yang dijalankan (atau dieskusi) oleh
komputer. Program komputer ini terdiri dari susunan logika untuk
menjalankan suatu pekerjaan tertentu di komputer. Melibatkan berbagai
komponen dalam computer, seperti system operasi, program, dan data yang
disimpan atau dibaca. Logika yang ada dalam perangkat lunak tersebut
disusun sedemikian rupa sehingga computer dapat memahami dan menjalankan
instruksi yang terkandung didalamnya.
3. SPESIALIS INFORMASI
Spesialisasi informasi (information specialist) untuk mengambarkan
pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan
dan memelihara system berbasis komputer.
4. PEMAKAI (MANUSIA)
End user sinonim dengan pemakai, ia menggunakan produk akhir suatu
sistem berbasis komputer. Jadi, end-user computing (EUC) adalah
pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh para
pemakai.
5. FASILITAS (MESIN)
Fasilitas merupakan sumber daya untuk menyimpan dan mendukung sisem
informasi, contohnya teknologi informasi. Dengan menggunakan fasilitas
yang ada untuk menyimpan dan mendukung sumber daya tersebut.
6. DATABASE
Basis data (database) adalah kumpulan dari berbagai data yang saling
berhubungan satu dengan yang lainnya. Basis data tersimpan di perangkat
keras, serta dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak.
Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi dari tipe data, struktur
dan batasan dari data atau informasi yang akan disimpan. Database
merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi,
karena merupakan basis dalam menyediakan informasi pada para pengguna
atau user.
7. INFORMASI
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan
lebih berarti bagi yang menerimanya. Data adalah kenyataan yang
menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata. Atau data
adalah representasi dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti
manusia (pegawai, mahasiswa, pelanggan), hewan, peristiwa, konsep,
keadaan, dll, yang direkam dalam bentuk angka, huruf, symbol, teks,
gambar, bunyi atau kombinasinya.
5. Sebut dan jelaskan 6 tahap dasar untuk mencapai manajemen mutu..
Referensi
http://rizki-juliana.blogspot.com/2012/02/properti-sistem-yang-memberikan.html
http://danar-pake.blogspot.com/2010/11/komunikasi-data-dan-keamanan-sistem.html
https://yuliagroups.wordpress.com/pengertian-prototype/
http://irawan8381.blogspot.com/2012/11/sumber-daya-informasi-perusahaan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar